Langsung ke konten utama

Cara Agar Blog Terdeteksi Search Engine Google

Agar blog dapat terdeteksi dan terindeks di mesin pencari seperti google, yahoo atau bing sehingga dapat muncul pada hasil pencarian merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para blogger jika ingin menampilkan postingan mereka pada SERP (Search Engine Result Page) / halaman hasil pencarian oleh mesin pencari. Sehingga dapat meningkatkan traffic dan blog akan lebih terkenal dan banyak pengunjung.

Apalagi bila blog sobat dapat muncul di halaman 1 urutan 1,2,3 SERP google. Hal itu merupakan pencapaian yang sangat baik untuk seorang blogger. Karena google merupakan layanan pencarian lewat internet yang paling banyak digunakan oleh orang dari seluruh dunia dan dari berbagai kalangan umur. Untuk itu berikut cara agar blog dapat terdeteksi di google :

Cara agar blog terdeteksi google

Langkah 1. Submit alamat url blog di mesin pencari

a.) Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Perlu diperhatikan, rekomendasi saya gunakan https:// entah anda mau menggunakan www atau non www karena nantinya di Google webmaster tools kamu juga perlu tambahkan semua versi dari http:// (www dan non www) maupun https:// (www dan non www). Namun untuk submit url cukup satu versi saja, maksudnya adalah preferred, alamat pilihanmu.

Google webmaster submit url

b.) Selanjutnya kamu akan diarahkan otomatis ke Google webmaster tools. Atau untuk detail kunjungi --> (Submit Sitemap Blog ke Google Webmasters Tools)

c.) search.yahoo.com/info/submit.html (lompat ke point d.) karena yahoo dan bing sekarang join data base mesin pencari)

d.) https://www.bing.com/toolbox/submit-site-url detail kunjungi --> (Cara mensubmit blog ke search engine Bing)

Langkah 2. Submit alamat url blog di direktori terkenal / backlink

Dasar submit disini adalah mendapatkan backlink dari situs dengan pagerank tinggi ataupun kamu juga dapat memperoleh backlink dengan bertukar link sesama blogger. Namun lebih baik mendapatkan backlink dengan niche situs yang serupa.

http://www.dmoz.org/ (sudah ditutup)
dmoz tutup
Untuk memasukkan alamat situs ke direktori dmoz sangatlah susah. Harus situs yang benar-benar matang dari segi SEO, postingan yang update secara berkala, konten yang berkualitas dan masih banyak faktor lainnya. Jadi untuk masuk ke database direktori dmoz memang situs-situs yang memiliki konten dengan kualitas tinggi, namun sayangnya situs direktori dmoz sudah tutup.

Langkah 3. Promosi Blog

Promosi blog merupakan hal yang paling mudah dengan meggunakan sosial media ataupun grup dimana kalian bergabung tentunya dengan tidak spamming. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah kualitas konten, karena dengan konten yang berkualitas tentunya pengunjung akan datang kembali ke blog sobat.
  • Share dan pasang alamat url atau link blog di jejaring sosial seperti Facebook, Twiter, Google+, dan lain-lain.
  • Tinggalkan komentar pada blog yang terkenal (lebih utama high pagerank) dengan mencantumkan nama, alamat url blog kita entah itu follow maupun nofollow dengan cara tidak spamming.
  • Jika berkenalan dengan orang lain jangan lupa promosi blog kita entah bagaimana cara sobat untuk promosi, bisa dari profile sobat yang memakai banner blog sobat, langsung memberi tahu tentang blog sobat, dan lain sebagainya.
  • Memasang iklan (tentunya mengeluarkan uang) bisa melalui Google Adwords, Iklan Facebook, dan penyedia lainnya.
  • Rajin menebar link blog di internet, bisa melalui forum, komunitas atau fans page yang sobat ikuti dan usahakan untuk tidak membuatnya terlihat seperti spam.
Perlu diingat proses perayapan bot sampai terindex bisa memakan waktu yang variatif. Bisa lama ataupun sebentar. Tergantung sistem crawl robot bot google, yahoo atau bing, bisa dalam menit, jam, harian atau mingguan. Untuk bot google dapat kamu gunakan Fetch as Google.

Kembali lagi yang paling penting adalah fokuskan diri dan konsentrasi pada pengunjung blog dengan membuat konten berkualitas yang memang dibutuhkan pengunjung, membuat navigasi blog yang mudah, mengatur kecepatan loading blog dari segi permintaan javascript, css, html dan tampilan blog yang menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juggernaut - Relic Blade of the Kuur-Ishiminari

This is mod sword of Juggernaut - Relic Blade of the Kuur-Ishiminari Dota 2 Reborn common weapon. This item originally from Lost Treasure of the Ivory Isles (Series 3). Green beautiful ambient effect will shown when idle and especially if Yurnero using his 1st skill "blade fury". Mod type: Standart . Hope you guys like this mod and support our favorite game in steam community market. The essence of gaming is fun. No money? Just mods. Enjoy the game and boost your MMR! For installation mod guide: How to install mods with vpk creator . Juggernaut - Relic Blade of the Kuur-Ishiminari

Terrorblade - Foulfell Corruptor

Terrorblade - Foulfell Corruptor mod mythical item Dota 2 Reborn from Treasure of the Emerald Revival with ultra rare chance to get it. This set has ambient effect on the weapon, Blades of the Foulfell Corruptor. This set items consists of: Armor of the Foulfell Corruptor, Demon Form of the, Foulfell Corruptor, Blades of the Foulfell Corruptor, Wings of the Foulfell Corruptora and Helm of the Foulfell Corruptor. It can be combine with  Terrorblade - Fractal Horns of Inner Abysm arcana mod. Hope you guys like this mod and support our favorite game in steam community market. No money? Just mods.The essential gaming is fun. Enjoy the game and boost your mmr!

Axe - Snowpack Savage

Mod skin Axe - Snowpack Savage rare item Dota 2 Reborn from Fortivus 2017 Treasure. This item consists of : Axe of the Snowpack Savage, Beard of the Snowpack Savage, Armor of the Snowpack Savage, Belt of the Snowpack Savage and Prize of the Snowpack Savage . Mod type: Standart . Hope you guys like this mod and support our favorite game in steam community market. The essence of gaming is fun. No money? Just mods. Enjoy the game and boost your MMR! For installation mod guide: How to install mods with vpk creator . Axe - Snowpack Savage